Tentu anda sudah tidak asing dengan Google Analytics, salah satu free tool dari google ini memiliki manfaat yang cukup banyak untuk membantu bagaimana mengoptimalkan web kita dari berbagai sisi. Saya sendiri sebenarnya hanya mengetahui cara penggunaan google analytics dengan belajar secara tidak ” resmi “, tidak resmi disini artinya hanya mempelajari secara awam atau otodidak. Jadi rencananya semoga dengan saya mempostingnya di blog ini, saya dan anda akan semakin tercerahkan dengan google analytics tersebut.
Sebelum menggunakan suatu tools, tentunya kita harus mengetahui manfaat yang akan diberikan oleh tools yang akan kita pergunakan, lalu apa yang dapat google analytics berikan untuk web dan bisnis yang sedang anda lakukan?
1. Mengetahui asal visitor yang datang ke web kita
Mengetahui asal visitor yang mengunjungi web kita tentunya merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk menentukan strategi pengembangan bisnis web yang kita lakukan. Apabila kita mengetahui sumber terbesar visitor yang datang ke web kita maka sumber tersebut merupakan ” a potential thing ” yang perlu mendapat perhatian khusus dari kita.
2. Memperoleh informasi yang detail mengenai karakteristik visitor web ( lama berkunjung, lokasi pengunjung dll.)
mengenal lebih dekat karakter visitor yang berkunjung ke web kita merupakan hal yang penting, dengan memperoleh informasi tersebut kita dapat mengembangkan web sesuai dengan karakter visitor yang sering berkunjung, sehingga kita dapat memperoleh manfaat seperti meminimalisir bounce rate yang terjadi dan lain sebagainya.
3. Memperoleh informasi bagaimana visitor berinteraksi dengan web kita
Bagaimana visitor berinteraksi dengan web merupakan cerminan berhasil atau tidaknya strategi arsitektur web yang kita buat, apakah kita berhasil menyampaikan “misi” yang hendak kita sampaikan kepada para visitor web milik kita? apakah interaksi tersebut sesuai dengan target tingkat konversi yang kita inginkan? dan masih banyak lagi.
4. Mengetahui konten yang paling menarik perhatian visitor
konten merupakan bagian terpenting dari suatu website, terutama setelah google mengeluarkan panda sehingga istilah ” content is the king” semakin sering terdengar di kalangan internet marketer. Dengan mengetahui konten yang paling menarik berdasarkan informasi yang diberikan oleh google analytics, tentunya hal ini dapat memberikan acuan untuk strategi pengembangan konten web selanjutnya.
5. Mengetahui produk yang paling menarik perhatian visitor (ecommerce)
Bagi sebuah ecommerce (toko online) memiliki data halaman web produk yang sering dikunjungi merupakan informasi yang sangat berharga, dari data tersebut kita bisa melakukan analisis tentang perbandingan tingkat konversi dengan jumlah kunjungan visitor, trend yang terjadi terhadap suatu produk, dll.
6. Mengetahui halaman yang pertama kali dikunjungi saat visitor datang ke web
Halaman yang pertama kali dikunjungi oleh visitor saat berkunjung ke web milik kita (landing page) merupakan halaman yang linknya umumnya tampil di search engine atau di backlink yang kita buat, informasi tersebut sangat penting untuk dicermati dan dianalisis yang dimana hal tersebut dapat kita jadikan sebagai tolak ukur keberhasilan optimasi search engine maupun backlink yang kita buat.
7. Memperoleh informasi
Mengenai kata kunci yang sering digunakan oleh visitor untuk berkunjung ke web kita
Aktivitas SEO yang kita lakukan harus mempunyai tolak ukur pencapaian, salah satunya dengan melihat keberhasilan keyword yang kita optimasikan. informasi kata kunci (keyword) yang ditampilkan oleh google analytics dapat dijadikan acuan nilai keberhasilan optimalisasi kita terhadap suatu keyword.
8. Menganalisa hasil dari strategi marketing dan optimasi SEO, CPC dll yang telah kita lakukan.
Seperti pada point sebelumnya, analisa hasil dan pencapaian untuk SEO dan CPC sangat-sangat perlu dilakukan, dan disinilah google analytics sangat berperan penting bagi perkembangan strategi bisnis web kita selanjutnya. Bahkan di dalam google analytics terdapat fitur yang memang dikhususkan untuk melihat efektivitas ads campaign yang kita lakukan.
9. Memonitoring visitor yang berkunjung dari social media
Saat ini social media seperti facebook, twitter, google plus dll. merupakan suatu kekuatan yang tidak bisa diremehkan selain Search engine optimization dan Search engine marketing, terutama untuk meningkatkan branding positioning and popularity. Informasi yang dihasilkan oleh google analytics berdasarkan visitor yang berasal dari social media dapat memberikan data respon dan popularitas secara real time.
10. Menganalisa dan memonitoring visitor yang menggunakan mobile.
Merupakan sebuah keharusan untuk sebuah web untuk bisa menampilkan webnya dalam versi mobile, berdasarkan data survey yang dilakukan oleh Comscore mengindikasikan bahwa pengguna facebook versi mobile lebih banyak apabila dibandingkan dengan versi websitenya ( berdasarkan jumlah jam). Kita pun dapat memonitoring dan menganalisis data visitor yang menggunakan mobile pada google analytics, untuk mengetahui kesuksesan strategi mobile marketing yang telah kita lakukan.
0 Comments:
Post a Comment