Darmin: 4 Tahun Jokowi-JK, Ekonomi Meningkat Tapi Pelan-pelan | Apa Aja Serba Ada
Home » , , , , , , , , » Darmin: 4 Tahun Jokowi-JK, Ekonomi Meningkat Tapi Pelan-pelan

Darmin: 4 Tahun Jokowi-JK, Ekonomi Meningkat Tapi Pelan-pelan

Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution membeberkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam empat tahun pemerintahan (Presiden Joko Widodo Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Darmin menyebutkan ekonomi Indonesia tumbuh namun perlahan.

Darmin merinci pertumbuhan ekonomi pada 2014 sebesar 5,02%, 2015 sebesar 4,79%, 2016 sebesar 5,02% dan di 2017 tumbuh 5,07%. Kemudian pada semester I-2018 ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,17%.

"Pertumbuhan ekonomi kita dari tahun 2014, 2015 terutama sampai 2017 itu meningkat tapi memang pelan-pelan," kata Darmin dalam konferensi pers 4 Tahun Kerja Pemerintahan (Jokowi-JK di Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018).

Pencapaian tersebut kata Darmin, perlu disorot di tengah gejolak yang terjadi di dunia. Gejolak dunia yang ikut mempengaruhi ekonomi Indonesia belakangan ini dipengaruhi oleh perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China serta perbaikan ekonomi AS.

"Dalam situasi ekonomi dunia yang sedang terjadi gangguan dan gejolak, itu prestasi yang mau tidak mau harus kita akui membaik pelan-pelan dalam situasi ekonomi dunia yang kurang baik," kata Darmin.

Darmin juga memamerkan tingkat kemiskinan yang berhasil menyentuh single digit di 9,82%. Perbaikan tersebut juga diikuti rasio gini di level 0,389

"Dengan rasio gini 0,389 tingkat pengangguran dalam posisi yang baik dalam beberapa tahun terakhir terlihat secara konsisten menurun 5,13%," ujar Darmin.

Tingkat inflasi juga berhasil dijaga di level yang rendah dibandingkan beberapa tahun lalu bahkan saat krisis 20 tahun lalu.

"Sudah bisa dibanggakan jauh lebih stabil karena bergerak di sekitar 3,5% mendekati negara-negara yang mampu mewujudkan inflasi rendah di sekitar kita," ujar Darmin.

0 Comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Featured Post

Heboh Lumrah.com Kampanye Legalisasi Pornografi

Popular Posts

Latar Belakang Blog

Ajaserda memberikan anda info terbaru menarik dan minati.
Blog pribadi yang hobi mengulik dan mencari informasi dan membagikannya kepada kalian semua. Blogger hanya terinspirasi untuk campaign menuangkan isi pikirannya yang di ketahui dari banyak referensi, dan menyajikannya secara tulisan melalui blog ini agar dapat menjadi referensi untuk kalian juga.

Sebagian yang blogger tuliskan di sini belum tentu benar adanya dan berbentuk opini dari pemikiran pribadi blogger dan beberapa referensi yang blogger dapatkan.

Apabila pembaca blog ini senang dengan tulisan blogger mohon untuk berbagi kepada teman atau pun orang terdekat agar pembaca menjadi orang pertama yang mengetahui info-info menarik. Berbagilah selagi masih ada yang bisa kita bagikan :)
Back to top
Direktori Web Indonesia Direktori Blog Indonesia