Setelah yang Kena OTT, Penanggung Jawab Suap Meikarta Dipanggil KPK | Apa Aja Serba Ada
Home » , , , , , , , , » Setelah yang Kena OTT, Penanggung Jawab Suap Meikarta Dipanggil KPK

Setelah yang Kena OTT, Penanggung Jawab Suap Meikarta Dipanggil KPK

Minggu 21 Oktober 2018, 14:17 WIB


Foto: Wakil Ketua KPK Laode Syarief/Ibnu Munsir

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menelusuri kasus suap perizinan pembangunan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi. Setelah penyidik selesai memeriksa pihak-pihak yang kena Operasi Tangkap Tangan (OTT), penanggung jawab suap ini akan diperiksa.


"Khusus untuk itu, kita sedang melakukan pendalaman yang di operasi tangkap tangan, setelah itu kita akan memeriksa beberapa pihak yang bertanggung jawab untuk itu karena sudah ditangkap sekarang. Masih mulai pemangilan-pemangilan," kata Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif, Minggu (21/10/2018).

Lebih lanjut, Laode saat ini masih melakukan pendalaman terkait kasus tersebut yang melibatkan banyak orang. Iapun belum bisa menjelaskan lebih lanjut, lantaran masih dalam penyidikan dan penyelidikan. 

"Khusus untuk itu kita masih lakukan pendalaman. Saya belum bisa komentar karena masih dalam tahap penyidikan dan penyelidikan," jelasnya. 

Sebelumnya, KPK menetapkan sembilan orang tersangka suap perizinan proyek Meikarta. Para tersangka terdiri dari jajaran Pemkab Bekasi, termasuk Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin dan juga dari pihak Lippo (direksi maupun konsultan yang ditetapkan sebagai tersangka). KPK mengungkap telah dilakukan realisasi suap Rp 7 miliar dari total komitmen Rp 14 miliar antara pihak tersangka pemberi dan penerima. 

Dalam kasus ini, KPK juga akan segera memanggil CEO Lippo Group James Riady. Dia akan diperiksa sebagai saksi.



"Saya dapat informasi dari tim nanti direncanakan akan dilakukan proses pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, baik dari pihak Pemprov kalau dibutuhkan, yang terutama tentu dari pihak Pemkab dan pihak Lippo. Termasuk juga rencana pemeriksaan terhadap saksi James Riady tersebut," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).

Pemeriksaan ditujukan untuk mengetahui soal dugaan pertemuan antara pihak Lippo dan Pemkab membahas suap proyek Meikarta. Namun Febri tak menyebut tanggal jadwal pemeriksaan James Riady.

"Tentu kami perlu mendalami pengetahuan yang bersangkutan atau para saksi terkait perkara ini misal terkait pertemuan-pertemuan yang kami duga pernah dilakukan oleh saksi-saksi dari pihak Lippo dengan bupati atau pihak-pihak lain dalam perkara ini," ujarnya. 

0 Comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Featured Post

Heboh Lumrah.com Kampanye Legalisasi Pornografi

Popular Posts

Latar Belakang Blog

Ajaserda memberikan anda info terbaru menarik dan minati.
Blog pribadi yang hobi mengulik dan mencari informasi dan membagikannya kepada kalian semua. Blogger hanya terinspirasi untuk campaign menuangkan isi pikirannya yang di ketahui dari banyak referensi, dan menyajikannya secara tulisan melalui blog ini agar dapat menjadi referensi untuk kalian juga.

Sebagian yang blogger tuliskan di sini belum tentu benar adanya dan berbentuk opini dari pemikiran pribadi blogger dan beberapa referensi yang blogger dapatkan.

Apabila pembaca blog ini senang dengan tulisan blogger mohon untuk berbagi kepada teman atau pun orang terdekat agar pembaca menjadi orang pertama yang mengetahui info-info menarik. Berbagilah selagi masih ada yang bisa kita bagikan :)
Back to top
Direktori Web Indonesia Direktori Blog Indonesia