Kasus Khashoggi, Turki Cek Mobil Konsulat Saudi dengan Zat Kimia | Apa Aja Serba Ada
Home » , , , , , , » Kasus Khashoggi, Turki Cek Mobil Konsulat Saudi dengan Zat Kimia

Kasus Khashoggi, Turki Cek Mobil Konsulat Saudi dengan Zat Kimia


Istanbul - Otoritas Turki menggeledah sebuah mobil van hitam yang diduga sempat membawa wartawan Arab SaudiJamal Khashoggi, yang diduga dibunuh sejak menghilang pada 2 Oktober lalu. Penggeledahan dilakukan oleh para pakar forensik dengan menggunakan zat kimia. 


Sejauh ini otoritas Turki belum mengonfirmasi secara resmi bahwa Khashoggi telah tewas, meskipun dugaan soal hal itu semakin menguat. 

Dilaporkan media lokal, Hurriyet Daily News, Jumat (19/10/2018), bahwa mobil van hitam yang digeledah itu diduga sempat membawa jenazah Khashoggi dari gedung Konsulat Saudi di Istanbul menuju ke rumah dinas Konjen Saudi di Istanbul.

Menurut laporan surat kabar lokal Yeni Safak, mobil van hitam yang dicurigai itu ditemukan sedang diparkir di dalam garasi tertutup di kompleks Konsulat Saudi, saat penggeledahan akan dilakukan polisi Turki. 


Sumber-sumber pejabat Turki menduga 'tim pembunuh' asal Saudi menggunakan mobil van hitam itu untuk membawa jenazah Khashoggi dari gedung konsulat ke rumah dinas Konjen Saudi, Mohammed al-Otaibi, yang berjarak 200 meter. 

Dilaporkan Yeni Safak bahwa mobil van hitam itu meninggalkan dan tiba di rumah dinas Konjen Saudi pada 2 Oktober, sekitar pukul 15.09 waktu setempat, atau dua jam usai Khashoggi masuk ke dalam Konsulat Saudi. 

Yeni Safak melaporkan bahwa tim forensik menggeledah dan memeriksa mobil van hitam itu selama tiga jam dengan menggunakan zat-zat kimia khusus, termasuk Luminol, untuk mencari bukti terkait dugaan pembunuhan Khashoggi. 

Kepolisian Turki juga menyelidiki sejumlah kendaraan diplomatik lainnya yang diketahui mendatangi sejumlah lokasi di sekitar Istanbul sesaat usai Khashoggi menghilang pada 2 Oktober lalu. 


Selain menggeledah mobil van diplomatik ini, Kepolisian Turki telah menggeledah Konsulat Saudi dan rumah dinas Konjen Saudi di Istanbul. Konsulat Saudi digeledah sebanyak dua kali pekan ini, sedangkan rumah dinas Konjen Saudi digeledah selama lebih dari 8 jam pada 17-18 Oktober kemarin.

Dugaan semakin menguat bahwa Khashoggi (60) telah tewas. Laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan Khashoggi diserang, dibunuh dan dimutilasi usai masuk ke Konsulat Saudi. 

Otoritas Saudi telah menyangkal tuduhan-tuduhan tersebut dan menjanjikan penyelidikan menyeluruh untuk menjawab pertanyaan yang muncul.

0 Comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Featured Post

Heboh Lumrah.com Kampanye Legalisasi Pornografi

Popular Posts

Latar Belakang Blog

Ajaserda memberikan anda info terbaru menarik dan minati.
Blog pribadi yang hobi mengulik dan mencari informasi dan membagikannya kepada kalian semua. Blogger hanya terinspirasi untuk campaign menuangkan isi pikirannya yang di ketahui dari banyak referensi, dan menyajikannya secara tulisan melalui blog ini agar dapat menjadi referensi untuk kalian juga.

Sebagian yang blogger tuliskan di sini belum tentu benar adanya dan berbentuk opini dari pemikiran pribadi blogger dan beberapa referensi yang blogger dapatkan.

Apabila pembaca blog ini senang dengan tulisan blogger mohon untuk berbagi kepada teman atau pun orang terdekat agar pembaca menjadi orang pertama yang mengetahui info-info menarik. Berbagilah selagi masih ada yang bisa kita bagikan :)
Back to top
Direktori Web Indonesia Direktori Blog Indonesia