Jam Tangan Jamal Khashoggi: Cek 7 Amunisi Wartawan di Era Digital | Apa Aja Serba Ada
Home » , , , , , , , » Jam Tangan Jamal Khashoggi: Cek 7 Amunisi Wartawan di Era Digital

Jam Tangan Jamal Khashoggi: Cek 7 Amunisi Wartawan di Era Digital

Jurnalis bekerja di ruang redaksi Tolo di Kabul, Afganistan, 7 September 2018. REUTERS/Omar Sobhani
TEMPO.COJakarta - Seperti diberitakan TEMPO.CO 13 Oktober 2018, Tim penyidik kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi mengantongi bukti berupa rekaman pembicaraan yang diperoleh dari jam tangan merk Apple milik wartawan Arab Saudi itu.
Hal itu menjelaskan fakta bahwa peralatan yang dibawa seorang wartawan itu sangat berguna untuk kepentingan sebuah pemberitaan.
Tentu ada beberapa peralatan lain yang perlu dibawa oleh seorang wartawan saat menjalankan tugasnya. Tapi di era digital ini, Smartphone, telah mampu mengambil alih tugas tim besar yang biasa dikerahkan di era tahun 70-an, dalam membuat berita. Dengan produk yang bisa kita masukkan ke dalam saku itu, semua jenis berita bisa direkam hanya dengan semua aplikasi di dalamnya.
Selain peralatan telepon pintar standar, seperti kamera dan aplikasi jejaring sosial, berikut ini daftar  alat tambahan yang dapat membantu seorang jurnalis bersaing dengan tim berita yang berfungsi penuh. 
Smartphone Honor 9i TEMPO/RIdian Eka Saputra
Dengan alat-alat ini, jurnalis online dapat merekam data, mengedit klip, dan menyiarkan berita yang dipoles saat acara berlangsung..

1. Perekam Suara / Google Voice
Mikrofon smartphone berfungsi ganda sebagai alat wawancara yang sangat baik. Diciptakan untuk menyaring suara suasana, alat nya pun nyaman jika didekatkan pada nara sumber, atau dibiarkan di atas meja yang berada dekat nara sumber.
Dan  ketika wawancara tatap muka tidak mungkin, Google Voice adalah alternatif yang berguna untuk telekonferensi. Nomor Google Voice akan bisa mengontak panggilan ke telepon rumah atau ponsel, dan menyimpan pesan suara di situs web yang mudah diakses. Seluruh percakapan dapat diambil dari mana saja melalui web.
2. UstreamDesember lalu, Apple menyetujui aplikasi iPhone live-streaming pertamanya, Ustream Broadcaster. Pengguna situs web video populer Ustream dapat mengunggah audio dan video secara real-time. Selain streaming multimedia, Anda sekarang dapat menggunakan Social Stream untuk mengintegrasikannya ke situs web media sosial populer. Tergantung pada koneksi, Ustream Broadcaster bisa sangat naik turun kualitasnya. Tapi, untuk berita, bahkan video real-time, meski kualitasnya rendah, tapi dapat mengirim pesan dengan baik.
4. .Canon S120
Untuk kontrol gambar yang lebih baik dan kemampuan untuk beralih dari video ke foto, kemampuan HD pada kamera seperti Canon S120 adalah perangkat yang benar-benar berguna. Ini lebih praktis dan tidak mencolok seperti pada DSLR. dengan perangkat ini tak perlu mencari lampu untuk mengambil gambar.
5. Kamera + / ProCaptureCamera + untuk iOS dan ProCapture untuk Android melengkapi kamera smartphone yang ada dalam ponsel tersebut. Misalnya, Camera + memiliki penghitung waktu, stabilizer, dan fitur Lightbox-nya yang berarti foto diambil bisa secara instan, dan Anda memiliki kontrol yang tepat kapan dan apa yang Anda potret.
Pembeli berfoto selfie usai membeli ponsel Samsung Galaxy Note 8 pada acara penjualan perdana di Indonesia di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, 29 September 2017. Gawai terbaru ini memiliki layar sebesar 6,3 inci dengan resolusi Quad HD+. Tempo/Tony Hartawan
6. Mikrofon Rode SmartlavJika Anda membuat video atau audio pada smartphone, mic internal mungkin akan mengecewakan Anda. Mikrofon Rode Smartlav dirancang untuk bisa digunakan dengan cara menjepitkan pada kerah Anda dengan sangat ringkas, terjangkau, dan berkualitas tinggi. Mikrofon ini adalah pilihan yang baik bahkan jika Anda perlu memegangnya atau meletakkannya di permukaan yang stabil untuk menangkap berbagai sumber audio.
7. Google Drive dan TerjemahanKedua produk Google ini khususnya memberdayakan jurnalisme digital. Untuk hosting cloud, Google Drive gratis, mudah diakses, dan memungkinkan kolaborasi dan pembagian maksimum. Layanan seperti DropBox dan Evernote (untuk ponsel cerdas) melakukan beberapa hal ini dengan sangat baik. Google Drive juga paling serbaguna untuk bekerja online dan dalam perjalanan.
Sumber daya tak tertandingi kedua di era global ini adalah Google Translate untuk desktop dan seluler. Sistem algoritmanya membuatnya berfungsi sebagai kamus dan lebih dari Wikipedia untuk bahasa; konteks, dialek dan jargon.

0 Comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Featured Post

Heboh Lumrah.com Kampanye Legalisasi Pornografi

Popular Posts

Latar Belakang Blog

Ajaserda memberikan anda info terbaru menarik dan minati.
Blog pribadi yang hobi mengulik dan mencari informasi dan membagikannya kepada kalian semua. Blogger hanya terinspirasi untuk campaign menuangkan isi pikirannya yang di ketahui dari banyak referensi, dan menyajikannya secara tulisan melalui blog ini agar dapat menjadi referensi untuk kalian juga.

Sebagian yang blogger tuliskan di sini belum tentu benar adanya dan berbentuk opini dari pemikiran pribadi blogger dan beberapa referensi yang blogger dapatkan.

Apabila pembaca blog ini senang dengan tulisan blogger mohon untuk berbagi kepada teman atau pun orang terdekat agar pembaca menjadi orang pertama yang mengetahui info-info menarik. Berbagilah selagi masih ada yang bisa kita bagikan :)
Back to top
Direktori Web Indonesia Direktori Blog Indonesia